[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / Perjusa 20-21 April 2018

Perjusa 20-21 April 2018

| No comment

Menjadi Pramuka Siapa Takut

Gerakan Pramuka sebagai Organisasi Pendidikan nonformal merupakan organisasi yang terkonsep dengan baik, memberikan manfaat menyeluruh dan vital sesuai dengan fungsi dari kepramukaan yang bermanfaat secara langsung dan tak langsung kepada peserta didik.. Tidak usah lagi diragukan peran pramuka saat ini benar benar menjadi kebutuhan bagi Negara.

Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. Dalam pramuka juga diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, pramuka mengajarkan cara menggunakan kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam, survival, dan cara membuat bivak.

Dalam hal kreatifitas, pramuka mengajarkan cara-cara menggunakan benda-benda yang ada disekitar kita, seperti tali, tongkat, dan benda-benda lain. Kegiatan dalam pramuka lebih sering dilakukan di luar ruangan, yang berarti kegiatan dalam pramuka lebih banyak praktiknya. Melihat betapa pentingnya kegiatan Pramuka SK Sang Timur mengelar perkemahan Jumat-Sabtu ( Perjusa). Panitia Kegiatan Perkemahan Pramuka Giat Penggalang, Petrus klimin Spd  mengatakan kegiatan perkemahan pramuka tersebut di ikuti sekitar 164 peserta kelas V SD.

Kegiatan digelar dari 22-21 April  2018. Adapun kegiatan dilaksanakan di halaman SDK Sang Timur Karang Tengah.  “Tujuannya adalah sebagai latihan kemandirian serta mempererat sesama anggota angota pramuka khususnya di tingkat penggalang” tutur Petrus Klimin S.Pd, Sabtu (21/04/2018). Petrus  menambahkan untuk kegiatan dalam perkemahan tersebut berupa kegiatan yang bersifat perlombaan yang di bagi dalam tiga kriteria lomba. "Kegiatan memasak, kreasi Seni dan  wide game.," tambah Petrus.

Manfaat yang hendak dicapai melalui kepramukaan, kegiatan eksplorasi bakat . Pramuka menghargai setiap bakat dan kreatitas untuk dikembangkan, dan pramuka adalah wadah yang selalu siap sedia memberikan upgrading pada bidang kreativitas pada berbagai event.

Lebih jauh  Pramuka diajak menjadi penemu karya, berfikir untuk menjadikan bahan yang kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. Setiap pramuka diajak berfikir inovatif menciptakan teknologi tepat guna pada tingkatan khusus. Rasa kekeluargaan lebih terasa dan sangat kokoh terbangun di Pramuka, hangatnya salam pramuka yang bergema di bumi perkemahan pramuka menjadi salah satu simbol bahwa pramuka dengan mudahnya menyatu dengan mentoleransi perbedaan agama, suku dan kebudayaan yang ada.

Gerakan Pramuka adalah organisasi nasionalisme, mengenal dan bergabung dengan pramuka berarti berkesempatan berkenalan dengan Indonesia melalui event nasional pada berbagai tingkatan, Hanya pramuka yang berprestasi yang mendapatkan kesempatatan.Kegiatan pramuka secara umum adalah kegiatan pesta untuk kebersamaan, kegiatan bakti untuk pengabdian, kegiatan kompetisi untuk mengasah kemampuan, kegiatan pelatihan untuk meningkatkan taraf pemahaman, kegiatan cross culture understanding untuk me


latih nilai nasionalisme keberagaman, dan kegiatan wisata untuk merasakan indahnya alam dan memberi kesadaran menjaga alam sekitar.

Demikian beberapa hal yang menjadi manfaat mengikuti kegiatan kepramukaan, semoga bermanfaat bagi para siswa/i. Jangan segan bergabung bersama pramuka, scout today leader tomorrow. ( Celly Beto)




















l