[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / PERKEMAHAN PRAMUKA SISWA/I KELAS LIMA

PERKEMAHAN PRAMUKA SISWA/I KELAS LIMA

| No comment




MELATIH KEMANDIRIAN DAN KEBERSAMAAN

PERJUSA   perkemahan jumat dan sabtu  .  Pramuka SDK Sang Timur Karang Tengah  mengelar perjusa  untuk para siswa kelas V yang berjumlah +- 158 siswa yang bertempat di halaman SDK Sang Timur Karang Tengah tanggal 22 dan 23 April 2016. Perjusa kali ini bertujuan untuk melatih kemandiran dan kebersamaan para siswa/i.
Lebih jauh lewat kegitan ini para siswa nantinya dapat menjadi  pribadi yang utuh yang mau menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri sebagai seorang anak dan seorang ciptaan. Peduli terhadap lingkungan serta sesama.

Kegiatan perjusa diawali dengan upacara yang dilakukan meliputi upacara pembukaan perkemahan, upacara api unggun, dan upacara penutup perkemahan. Upacara dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan, baik kedisiplinan dalam regu maupun kedisiplinan secara individu. Permainan yang dilakukan semua berbentuk permainan kelompok. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan sikap kerjasama dan saling menghargai terutama di dalam kelompok (regu) masing-masing.           Memasak merupakan kegiatan yang sangat jarang dilakukan anggota pramuka penggalang SDK Sang Timur Karang Tengah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perjusa memberikan pengalaman untuk melakukan kegiatan memasak. Kegiatan Pentas seni diadakan untuk merangsang jiwa seni, dan mewadahi kreativitas peserta perjusa dalam bidang seni.
Dalam setiap kegiatan, Pembina menjadi fasilitator, sehingga peserta benar-benar melakukan kegiatan tersebut secara mandiri. Setiap kegiatan yang dilakukan dalam perjusa dinilai oleh Pembina. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan jiwa sportifitas dan persaingan sehat untuk meraih suatu tujuan. Di akhir acara perjusa, diberikan penghargaan bagi pemenang. Semua siswa/i dan pembina tampak bahagia. ( Celly Beto )