[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / Sejarah SD Sang Timur Karang Tengah

Sejarah SD Sang Timur Karang Tengah

| No comment
SEJARAH BERDIRINYA SD SANG TIMUR KARANG TENGAH

Berawal dari tahun 1990 dalam suatu ruangan yang sempit yaitu sebuah garasi yang semestinya tidak layak untuk suatu kegiatan pembelajaran, SDK Sang Timur memulai kegiatannya. Tempat itu berada di Jalan Barata Raya 29, Perumahan Barata Ciledug. Di tempat inilah 45 murid pertama SDK Sang Timur menimba ilmu dengan dibimbing oleh seorang guru dan seorang kepala sekolah. Meskipun ‘ dengan segala keterbatasan fasilitas belajar, mereka tetap semangat dan tersenyum gembira mengikuti proses pembelajaran, karena selain sebagai tempat belajar, tempat tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk misa.

Satu tahun kemudian, tempat belajar dipindahkan di sebuah ruangan serba guna yang sekarang dikenal dengan Bangunan Sekolah Sementara Sang Timur (BSS). Sambil menunggu pembangunan gedung sekolah selesai dibangun, 162 murid kelas I dan Kelas II didampingi oleh tiga orang guru, belajar dengan tekun selama satu tahun di tempat ini. Sementara itu para pengurus Yayasan Karya Sang Timur bersama dengan Kepala Sekolah dan para guru mengurus proses perizinan pendirian sekolah. Berkat usaha dan dukungan dari para orang tua murid, masyarakat sekitar, dan aparat pemerintah dinas pendidikan, maka pada bulan Desember 1991 SDK Sang Timur resmi mendapat izin operasional dari Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

Pada tanggal 1 Mei 1993 gedung sekolah diresmikan oleh Walikota Tangerang, Drs. H. Djakaria Machmud dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr.Dr. Leo Soekoto SJ. Setelah diresmikan, SDK Sang Timur mulai menggunakan gedung sekolah yang permanen sebagai kegiatan proses belajar mengajar. Pada tahun ajaran ini terdapat 332 murid yaitu murid kelas I, II, dan III. Dengan menempati gedung ini SDK Sang Timur menunjukkan peningkatan yang bagus secara kuantitatif maupun kualitatif. Di gedung yang nyaman ini sudah membuktikan bahwakegiatanbelajarmengajar dapat berlangsung dengansuasana yang kondusif.
SDK Sang Timur telah berhasil melululuskan pertama kali sebanyak 74 siswa yaitu pada tahun 1996. Pada usia yang ke-20 tahun, sekolah yang pernah dipimpin oleh 8 kepala sekolah ini, sudah berhasil mengantarkan anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi sebanyak 15 angkatan. Hingga pada akhir tahun pelajaran 2009/2010, Sang Timur sudah meluluskan 2.321 siswa.

Prestasi dan Akreditasi

Sejak awal berdirinya hingga saat ini, SDK Sang Timur sudah mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan. Prestasi yang telah diraih meliputi bidang bahasa, matematika, olahraga, dan seni dari tingkat Kecamatan sampai tingkat Internasional. Satu prestasi yang paling membanggakan yaitu diraihnya Piala Gubernur Banten pada tahun 2006. Piala ini bisa diraih karena SDK Sang Timur mampu meraih juara dalam lomba baca puisi, melukis, menyanyi solo, dan menari di tingkat Propinsi. Prestasi yang sudah diraih sampai saat ini tentunya karena usaha para murid, kepala sekolah, para guru, dan dukungan dari para orang tua murid. Keberhasilan ini dapat diraih juga karena ditunjang dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan adanya sarana prasarana yang memadai.
Keberadaan SDK Sang Timur di tengah masyarakat semakin diyakini dan dipercaya. Hal ini bukan hanya karena prestasinya, melainkan juga karena adanya pengakuan dari lembaga pemerintah melalui Akreditasi. Hingga saat ini sekolah yang terletak di JalanBarataPahala 37,Karang Tengah,sudah diakreditasi sebanyak 3 kali. Akreditasi pertama dilaksanakan pada tahun 1996 dengan hasil “Disamakan”. Akreditasi kedua dilaksanakan pada tahun 2006 memperoleh hasil “Terakreditasi A”, dengan total nilai 98,61. Sedangkan pada tanggal 26 Agustus 2010, untuk kali ketiganya diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi Banten.
Dengan melihat dan memahami sejarah SDK Sang Timur tentu akan membangkitkan kembali semangat para murid saat ini untuk lebih semangat dan tekun belajar. Selain itu sekolah juga mempunyai tanggung jawab untuk semakin meningkatkan prestasi di masa mendatang. Untuk itu Sang Timur selalu siap mengikuti perkembangan zaman dalam dunia pendidikan. Berani menghadapi tantangan akan membuat sekolah semakin gemilang di masa mendatang. (F.A. Marjito, guru SDK Sang Timur Karang Tengah sejak tahun 1991).
Sumber: Majalah “IDOLA Kids” Edisi 04/01/2010

 IDENTITAS SEKOLAH
1.Nama Sekolah:  SDK Sang Timur
2.Alamat
2.1.Jalan:  Barata Pahala No. 37
2.2.Kelurahan:  Karang Tengah
2.3.Kecamatan:  Karang Tengah
2.4.Provinsi:  B a n t e n
2.5.Telepon:  7334376  Fax. 73446334
3.Sekolah berlangsung mulai tahun ajaran: 1990 / 1991
SK Kanwil Depdikdub:  No  :  1174/I.02/kep/91
:  Tgl :  06 Desember 1991
N S S:  102287108026
N D S:  B. 040661003
5.Akreditasi
a. Tingkat:  “A”
b. Dengan SK:  12/BAS/DS/XII/2007
6.Kurikulum yang digunakan:  KTSP  2007
7.Waktu penyelenggaraan:  Pagi: Masuk jam  07.20 – 13.10
8.Penyelenggaraan Kegiatan Belajar :
a. Praktek Laboratorium: Sekolah Sendiri
b. Olah Raga: Sekolah Sendiri

***