[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / Makna Kelulusan bagi Siswa/i SDK Sang Timur

Makna Kelulusan bagi Siswa/i SDK Sang Timur

| No comment
Makna  Kelulusan bagi Siswa/i SDK Sang Timur
SDK Sang Timur Karang  Kota  Tangerang menggelar acara graduasi  bagi siswa/i kelas enam tahun ajaran 2017/2018, di Aula Gereja Maria Kusuma Karel  Jakarta, Selasa (5/6/2018).
Pelaksanaan graduasi dipimpin oleh Sr. Clarissa PIJ, diikuti oleh 157  siswa/i kelas enam yang selama enam  tahun  menimba ilmu di SDK Sang Timur Karang Tengah . Dikatakan  Sr. Clarissa PIJ , pelaksanaan graduasi  mengandung makna  yang sangat dalam.  Siswa/i angkatan 23 , yang selama  6 tahun belajar  dianggap memenuhi syarat dan dinyatakan lulus dengan baik.
“Kegiatan graduasi  menjadi indikator bahwa para siswa telah menyelesaikan pendidikan dan nantinya siap dan memiliki kompetensi untuk berlangkah ke jenjang berikutnya.,” ujar  Sr. Clarissa PIJ .
Ia berharap dengan  kelulusan ini, diharapkan para lulusan ini menunjukan sikap perilaku yang dapat diteladani di jenjuang berikutnya , memiliki semangat yang tinggi untuk terus meningkatkan potensi diri serta memiliki integritas yang dapat dipercaya masyarakat dalam melaksanakan tugas dengan baik dan bertanggungjawab. Suster juga juga berharap para lulusan ini jangan pernah berhenti untuk belajar dan berlatih. “Ilmu dan keterampilan tidak hanya diperoleh dari lembaga pendidikan tetapi masih banyak hal yang dapat dijadikan sumber belajar dan berlatih, jangan pernah berhenti untuk menjadi yang terbaik dimanapun kalian belajar ,” tandasnya.
Tentunya kegembiraan dan kebanggaan menghampiri semua siswa/i.  Lulus bukanlah persoalan waktu saja. Jika sudah mengikuti proses pendidikan  sekolah dasar  selama enam tahun maka siswa akan lulus. Tetapi harus diadakan proses penilaian dan jika belum layak maka biarkan siswa tersebut berjuang untuk mengikuti proses pendidikannya dengan lebih baik lagi. Begitulah seharusnya pendidikan, menghasilkan  padi yang banyak bijinya namun semakin merunduk dan mengerti akan arti kehidupan. Bangsa ini memang memerlukan orang-orang pintar, tetapi mereka akan sama saja tidak berguna  jika tidak terdidik.
Kelulusan bukanlah akhir dari masa belajar kita, akan tetapi kelulusan hanyalah sekedar akhir dari babak kehidupan untuk menyambut babak baru yang lebih menantang, babak baru yang levelnya lebih tinggi. Bersiaplah untuk menghadapi kehidupan nyata, bukan kehidupan yang terlindungi dari pagar dan meja sekolah, bukan kehidupan yang hanya sekedar mencari nilai baik agar bernilai baik di mata guru dan orangtua. Bukalah mata anda, dunia nyata akan menguji setiap teori yang telah anda dapatkan di dunia sekolah. Aplikasikanlah ilmu anda pada dunia pendidikan yang lebih tinggi.
Memaknai   arti kata lulus  bagi siswa/i SDK Sang Timur adalah ketika  sudah lulus, para siswa tidak berhenti untuk terus berusaha dan berjuang dalam mendapatkan hal yang lebih baik lagi, untuk menapaki 'kelulusan' yang lain yang tentunya masih panjang dalam hidup di dunia, dan tentunya untuk hidup di akhirat kelak. Sangat manusiawi jika bergembira, berbahagia atas kelulusan yang telah kita peroleh, tapi jangan terlena dan jangan pula berlebihan dalam menyikapi kelulusan kita itu, karena dengan kelulusan tersebut, masih panjang jalan yang harus ditempuh, jalan panjang dan berliku.
Hidup adalah perjuangan. Life is a struggle"begitulah orang inggris bilang bahwa hidup adalah sebuah perjuangan. Memaknai kelulusan lebih jauh harus ada sebuah usaha dari kita untuk bisa maju. Ketika seseorang sudah tidak memiliki semangat untuk maju maka bisa dipastikan orang itu akan menjadi pecundang seumur hidupnya..Orang tersebut hanya bisa menyalahkan keadaan, diri sendiri dan orang lain. Untuk itu siapa pun kita, jika kita ingin sukses maka haruslah ada sebuah perjuangan dalam hidup ini.( Celly Beto )