[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home /

SDK Sang Timur Juara Pertama Kantin Sehat Se-Provinsi Banten


Kantin (dari bahasa Belanda: kantine) adalah sebuah ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli di sana. Kantin sendiri harus mengikuti prosedur tentang cara mengolah dan menjaga kebersihan kantin.Makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal.Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna.Biasanya para pembeli harus mengantri dalam sebuah jalur yang disediakan untuk membeli makanan.
Kantin hampir selalu ada di tiap sekolah di Indonesia. Biasanya kantin menjadi tempat berkumpul bagi para murid.. Ramainya kantin disebabkan oleh obrolan siswa-siswa yang makan bersama. Kebanyakan murid menganggap penting kantin sebagai tempat bersosialisasi, tempat berkumpilnya seluruh  siswa.Keberadaan kantin terkait juga dengan visi dan misi sekolah yang memperjuangakan sekolah adiwiyata.
 SDK Sang Timur telah menjadi salah satu sekolah adiwiyata  dan salah satu hal yang tidak bisa dijauhkan dari sekolah adiwiyata adalah keberadaan kantin sekolah  dalam lingkungan sekolah. Keberadaan kantin sekolah selain sebagai tempat pemenuhan nutrisi untuk siswa, kantin sekolah juga memiliki banyak fungsi seperti, sarana pendidikan, dan sarana untuk menganalisa keberhasilan program adiwiyata di lingkungan sekolah.
Sebagai sarana pendidikan, kantin sekolah diharapkan dapat menunjang program sekolah, terlebih lagi program sekolah sehat. Dalam hal ini kantin memiliki peran sebagai sumber pemenuhan nutrisi bagi siswa, jadi jajanan di kantin sekolah Sang Timue  mengandung nutrisi yang dibutuhkan siswa untuk proses pembelajaran. Setiap jajanan di kantin sekolah  mengandung lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Dengan adanya semua unsur itu dalam kantin sekolah diharapkan pemenuhan nutrisi untuk siswa dapat terpenuhi.
Selain kebutuhan nutrisi yang harus ada dalam kantin sekolah, kantin sekolah hendaknya juga tidak ada bahan tambahan berbahaya didalamnya. Keberadaan kantin yang memadai ini membuat  SDK Sang Timur Karang Tengah , Kota Tangerang , Provinsi Banten , meraih penghargaan sebagai kantin sehat sekolah terbaik sebagai peringkat pertama
se-Provinsi Banten.
Prestasi tersebut diraih oleh SDK Sang Timur tepat di hari selasa 11 Desember 2018 di Hotel Horison Ratu  Serang – Banten. .Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Unit Pelaksana Teknis  Provinsi Banteni yang berlangsung bulaa Senin-Jumat, 20-24 November 2018.. Kepala SDK Sang Timur Karang Tengah  Sr. Clarissa PIJ mengatakan,  penanaman kebersihan kantin di sekolah yang dipimpinnya begitu kental terasa. Mulai dari tersedianya makanan yang sehat, tempat cuci tangan yang memadai  serta tersedia juga tempat sampah yang terpisah antara organik dan nonorganik. 
Yang pasti, sekolah selalu mendorong kepada seluruh warga sekolah untuk bergotong royong menjaga kebersihan sekolah, baik pada  awal maupun akhir akhir pelajaran.  ''Semua berkat komunikasi dan sinergi yang baik antara sekolah dengan warga sekolah. Hingga para peserta didik, wali murid nyaman dan sangat terlayani dengan baik di kantin sehat ini dengan Standard Operating Procedur (SOP) yang telah ditetapkan. Dalam hal ini,  sekolah bekerja sama dengan kami bekerja sama dengan UPT Puskesmas Karang Tengah, Dinas Kesehatan Kota Tangerang serta berbagai pihak,'' ungkap Sr. Clarissa PIJ
Ia menambahkan, dengan sarana prasarana kantin yang representatif, sesuai dengan standar kesehatan, dan dipantau oleh dinas terkait terhadap makanan dan minuman yang dijual, kantin sekolah terus berbenah sebagai kantin terbaik yang pernah ada. Lewat kantin sekolah, siswa dibangun dan ditumbuhkembangkan karakternya baik dari sisi religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. “Selain itu, kantin juga menjadi bagian dari literasi kesehatan, literasi data dan literasi finansial,''paparnya. (Celly Beto)