[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / PEKAN PANCASILA 2017

PEKAN PANCASILA 2017

| No comment
SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Pemerintah  menyelenggarakan Pekan Pancasila yang dimulai sejak 29 Mei-4 Juni 2017, dengan mengambil tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Keppres tersebut juga menyebutkan bahwa mulai tahun 2017, Presiden menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Penyelenggaraan Pekan Pancasila bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk memeriahkan Pekan Pancasila, komunitas pendidikan SDK Sang Timur Karang Tengah mengelar beberapa kegiatan antara lain, buka puasa bersama. Buka Puasa bersama digelar hari rabu 7 Juni 2017 melibatkan siswa/i , orang tua, karyawan dan guru yang beragama Islam.  Pada hari  kamis 8 Juni 2017 dilanjutkan lomba menyanyi  lagu Saya Pancasia Saya Indonesia.  Lomba lagu ini diikuti seluruh siswa kelas satu  hingga kelas enam. Selain kedua agenda diatas diselenggarakan juga pengumpulan dana peduli kasih dalam upaya mengaktualisasikan penjabaran sila kedua Pancasila.
Semua kegiatan ini sebagai tindakan kongkrit warga SDK Sang Timur. Suster clarisa PIJ kepala sekolah, mengimbau peringatan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
"Sebagai sebuah prinsip dasar negara kita memperjuangkan terus agar Pancasila menjadi kenyataan dalam kehidupan kita sehari-hari," ucap Sr. Clarisa PIJ , saat ditemui  Kamis (7/6/2017).
Implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dinilai Suster Clarisa  akan lengkap jika semua sila di dalamnya dapat dijalankan dengan baik oleh seluruh elemen bangsa. "Bagi SDK Sang Timur Karang Tengah , tanggal  1 Juni ini menjadi refleksi untuk memperjuangkan keadilan sosial, membangun kebersamaan , dan dengan begitu maka kita bisa merasakan Indonesia yang damai, sejuk, dan maju untuk semuanya," ujar Suster Clarisa PIJ. ( Celly Beto)