[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / Menumbuhkan sikap Bekerja Sama dan Kerja Bersama

Menumbuhkan sikap Bekerja Sama dan Kerja Bersama

| No comment


Rekoleksi Iman Siswa Kelas III

Menumbuhkan sikap Bekerja Sama dan Kerja Bersama


Setelah dua bulan menjalani hari-hari pembelajaran sekaligus berproses adaptasi dengan suasana kelas, siswa kelas III SDK Sang Timur mengikuti kegiatan penyegaran rohani. Untuk membantu siswa kelas III dalam proses adaptasi ini, maka sekolah memprogramkan  rekoleksi siswa di awal semester.
Melalui kegiatan ini siswa diajak untuk meyadari diri sebagai makhluk sosial dan hidup dalam kebersamaan, sehingga mereka bisa saling bekerja sama dan kerja bersama. Selain itu,  para siswa ditawarkan sebuah pengenalan diri, melalui berbagai bentuk kegiatan reflektif dan semi outbound dalam sebuah permainan yang sangat menarik.
Tujuan rekoleksi tidak dapat dilihat hasilnya seketika itu juga, karena merupakan sebuah proses, dan sebenarnya rekoleksi tidak hanya selesai pada hari pelaksanaannya, tetapi akan dilanjutkan pada proses berikutnya. Semoga hasil rekoleksi ini membawa siswa pada kesadaran untuk semakin memiliki kecakapan yang seimbang dalam mempersiapkan masa depan mereka.
Tema rekoleksi kali ini adalah "bekerja sama dan kerja bersama sebagai anak cerdas dan  berbudi luhur". Tujuannya adalah 1) mampu mengenal siapa dirinya, baik dari prespketif keluarga, masyarakat maupun iman secara bertanggung jawab, 2) Saling membantu, mendukung, dan mengembangkan nilai-nilai positif dalam kebersamaan di lingkungan sekolah, 3) memiliki daya juang yang tinggi sebagai seorang siswa yang terus berjuang dalam menuntut ilmu di sekolah.
Pemberi materi dalam rekoleksi ini yaitu Bapak Johanes Pramono, pembimbing iman rohani Katolik yang sangat berpengalaman. Kegiatan yang dibuka dan ditutup dengan ibadat oleh Suster Clarissa PIJ selaku kepala sekolah ini, juga didukung oleh semua guru yang mengajar di kelas III. Kegiatan rekoleksi ini dilaksanakan di Gereja Katolik Santa Bernadeth, Pinang pada hari Rabu, 20 September 2017. Semangat bekerja sama dan kerja bersama harus selalu tertanam sekarang maupun di masa mendatang. Dengan demikian siswa akan menjadi anak  yang semakin cerdas dan berbudi luhur, serta semakin tumbuh dan berkembang imannya. Sukses ....... untuk anak-anak kelas III SDK Sang Timur!  ( F.A. Marjito )