[6] [recent] [slider-top-big] [Berita Terbaru]
[3] [true] [slider-top] [BERITA ACAK]
Anda Membaca Halaman: Home / , , Batik Khas Sang Timur

Batik Khas Sang Timur

| 1 Comment

 28  Februari 2015 sekelompok siswa  dari eskul batik melakukan kegiatan pewarnaan. Kegiatan ini sebagai upaya untuk terus belajar dan menghasilkan karya yang baik.








     Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

     Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang.
SD Sang Timur Karang Tengah perlahan tapi pasti mulai  menjagokan eskul batik sebagai salah satu andalan. Eskul batik yang dibuat oleh siswa berupa  membuat motif atau gambar selanjutnya membatik kemudian proses terakhir berupa pencelupan kain yang sudah dibatik. Pewarna yang digunakan menggunakan bahan tekstil.           Waktu untuk menyelesaikan kegiatan ini sekitar 3 jam. Anak-anak tampak gembira dan antusias.
Untuk menghasilkan batik yang masksimal bagus dibutuhkan keseriusan, keindahan dan kesabaran. Menurut bu Yayuk salah seorang pembina  eskul batik minat anak dari tahun ke tahun terus meningkat. Anak-anak sudah menghasilkan beberapa kain batik dan juga sudah dijual. Kedepan eskul batik terus membaharui materi dan terus berkembang sesuai kebutuhan sekolah dan zaman. Maju terus eskul batik SDK Sang Timur. ( Celly Beto )